Kesehatan

5 Penyebab Bangun Tidur Badan Lemas

Penyebab bangun Tidur Badan Lemas
Tetapi terkadang sudah tidur yang cukup, sewaktu bangun pagi dengan kondisi lemas dan bertenaga. Mengapa demikian? Ternyata ada penyebab yang kita tidak sadari mengapa tidur dengan durasi cukup bukan jaminan bangun pagi bersemangat dan kondisi segar.

Indosynergy.com – Supaya kita tetap sehat selalu maka disarankan untuk tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam. Kegiatan tidur adalah manusiawi, jadi tidak ada yang bisa menentangnya.

Tetapi terkadang sudah tidur yang cukup, sewaktu bangun pagi dengan kondisi lemas dan bertenaga. Mengapa demikian? Ternyata ada penyebab yang kita tidak sadari mengapa tidur dengan durasi cukup bukan jaminan bangun pagi bersemangat dan kondisi segar.

Membaca Gadget Sebelum Tidur

Tanpa disadari kebiasaan baru akhir-akhir ini yakni membaca gadget (gawai) atau istilahnya telepon pintar, tablet ataupun laptop membuat lebih sulit bangun dengan kondisi fit dan segar. Sinar biru yang dipancarkannya dapat mempengaruhi tidur nyenyak. Hal ini berbeda dengan kita membaca buku cetak. Matikanlah perangkat tersebut satu jam sebelum kita tidur.

Salah Posisi Tidur

Terbangun pagi hari dengan kondisi sakit punggung? Kemungklnan Anda tertidur semalaman dalam posisi yang tidak nyaman untuk punggung. Untuk mencegahnya. tidurlah dengan meletakkan bantal di antara kaki sehingga punggung tidak terlalu melengkung.

Bantal Tidak Nyaman

Bantal yang besar memang  terlihat nyaman tapi ini sebenamya bisa membuat pegal saat tidur. Pilihlah bantal yang ukuran standar dan empuk tetapi tetap memberi  kenyamanan tidur Anda.

Menggemeretakkan Gigi

Kalau Anda terbangun dengan rasa saklt kepala, kemungkinan Anda semalaman tidur dengan menggertakkan gigi. Menurut penelitian, pijatan lembut di rahang sebelum tidur bisa mengurangi kebiasaan menggertakkan gigi.

Sleep Apnea

Sleep apnea alias henti napas sejenak saat tidur merupakan penyebab tersering kita masih mengantuk saat bangun tidur. Henti napas ini memang terjadi beberapa detik tapi berulang kali dalam semalam sehingga otak kekurangan oksigen. Akibatnya kita bangun masih dalam keadaan mengantuk.

Jangan abaikan kondisi seperti ini. Lekas periksa ke dokter untuk mengatasinya. Sleep apnea dapat memicu berbagai penyakit kronis. Hal-hal seperti ini perlu penanganan medis bila Anda mengalami seperti di bawah ini:

  • Tingkat energi rendah atau lelah sepanjang hari meski waktu tidur Anda sudah mencukupi yaitu 7-8 jam sehari.
  • Tidak mampu berkonsentrasi.
  • Sakit kepala di waktu pagi.
  • Bangun tidur dengan haus atau tenggorokan kering

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

48 + = 51

Terpopuler

Ke Atas
error: Content is protected !!
IBX59EDE37DE9163