Wisata

Melihat Merapi Di Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi Yogyakarta

Indosynergy.com – Obyek Wisata Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Daya tarik tersebut membuat obyek wisata ini pernah menyabet juara pertama Anugerah Pesona Indonesia kategori Obyek Wisata Baru Terpopuler 2017 pilihan Kementerlan Pariwlsata RI.

Wisatawan harus hati-hati saat di perjalanan menuju Tebing Breksi karena jalan begitu terjal dan apalagi saat sedang musim hujan. Selama berada di Tebing Breksi, para pengurjung sangat antusias berswafoto. Di bagian atas bukit. para pengunjung akan dimanjakan oleh lanskap pemandangan Kota Yogyakarta di sisi selatan dan Gunung Merapi di bagian utara. Pengelola menyediakan spot-spot foto serta ada pahatan ukiran wayang dan naga. Disediakan juga jip untuk melakukan tur wisata ke lokasi-lokasi wisata lainnya.

Tebing Breksi dicatat oleh Pemerintah provinsi DIY sebagai lokasi cagar budaya. Penandatanganan prasasti cagar budaya itu dilakukan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Mei 2015. Dahulu bukit kapur yang berada di Sambirejo adalah sebagai tempat tambang batu breksi yang jadi pendapatan utama penduduk setempat.

Dicanangkannya Taman Tebing Breksi sebagai cagar budaya tidak lepas dari kondisi geologisnya. Batu kapur breksi di tebing ini merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Hal itu melatarbelakangi Taman Tebing Breksi dilestarikan, sama halnya Candi Ijo dan Candi Ratu Boko yang terletak di kawasan yang sama. Taman Tebing Breksi merupakan bongkahan tebing dengan beberapa sisi yang sengaja dipahat oleh seniman lokal. Gambarnya beragam, ada wayang dan sebagainya.

Suguhan lain dl Taman Tebing Breksi selain pahatan raksasa di beberapa sisinya adalah pemandangan dari puncak tebing. Jangan khawatir ada anak tangga yang mengantar Anda sampai puncak. Di sana pengunjung bisa melihat panorama Candi Ijo dan Candi Ratu Boko berlatar Gunung Merapi dan Merbabu.

Di bagian kaki tebing juga terdapat Tlatar Seneng, sebuah amphiteatre yang digunakan sebagai tempat pertunjukan. Waktu terbaik mengunjungl Taman Tebing Breksi adalah sore menjelang malam. Meski begitu bawalah topi dan sunblock karena tidak ada pepobonan sama sekali di sekitar tebing.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 3 =

Terpopuler

Ke Atas